Apa dan Kenapa Vegan Fashion?

Menjadi seorang vegan bukan sekedar diet tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung hewan. Menjadi vegan berarti menentukan sikap yang tidak menggunakan produk apapun yang mengeksploitasi hewan, seperti kosmetik, peralatan rumah tangga, termasuk pakaian dan aksesoris. Dalam tulisan kali ini aku akan membahas tentang pakaian dan aksesoris vegan (vegan fashion).



Apa itu vegan fashion? Vegan fashion adalah produk garmen yang tidak terbuat dari unsur-unsur hewan. Yang paling mudah dan sering ditemui adalah produk yang terbuat dari kulit hewan.

Selain kulit, unsur hewan yang sering digunakan dalam produk fashion adalah sebagai berikut: kulit (leather), bulu (fur, feathers), sutra (silk), tulang (bone), tanduk (horn), kerang (shell), wol (wool), cashmere, angora, kulit ular (snake skin), suede, pashmina, mohair.

Terkadang unsur hewan ada dibagian tersembunyi suatu produk. Contohnya sepasang sepatu dari kulit sintetis tapi bagian alasnya terbuat dari kulit domba. Ada baiknya kita membaca label terlebih dulu sebelum membeli.

*

Kenapa kita perlu memilih pakaian dan aksesoris vegan? Karena seperti layaknya peternakan dalam industri makanan, hewan-hewan dalam peternakan untuk industri pakaian dan aksesoris juga diperlakukan dengan brutal. Walaupun dikatakan bahwa hewan-hewan tersebut tidak disakiti atau dirawat dengan baik. Seringkali hewan-hewan tersebut dikurung bertahun-tahun sehingga menyebabkan stress dan trauma dan pada akhirnya harus dibunuh sebelum waktunya.

Ada banyak sekali contoh lain kebrutalan pada hewan, seperti menguliti hewan hidup-hidup, kelinci dan angsa yang dicabuti bulunya hidup-hidup, belum lagi praktik mulesing pada domba dalam industri wool yang menyebabkan domba merasakan sakit yang luar biasa.

*

Mencari produk pakaian dan aksesoris vegan sangat mudah. Kamu bisa cari pakaian dari bahan katun, linen dan hemp. Bahan-bahan sintetis seperti kulit sintetis, bulu sintetis, wol dan sutra sintetis juga termasuk animal-friendly.

Saat ini banyak brand dari high street brand hingga high end brand yang mengeluarkan produk vegan untuk produk-produk favoritnya. Seperti Dr.Martens dan Givenchy. Seperti halnya memilah-milah makanan dalam menu vegan kita begitu juga dengan produk yang kita pakai.

Eat well, look good and feel great ;)





*****

Putri Kansil

1 comment:

  1. waaaa baru tau ada yg istilah vegan fashion ci *kemana aja gw* hahaha
    support vegan fashion juga :D

    www.xiaovee.com

    ReplyDelete

Instagram