Masalah dan Mitos Kerontokan Rambut

                                                                                                                                                                                                            

Kerontokan rambut sepertinya sudah menjadi masalah yang umum terjadi. Sering kita menyalahkan produk rambut yang dipakai sebagai penyebab utamanya. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya penyebab utama kerontokan rambut dan kebenaran dari mitos-mitos yang beredar tentang rambut di luar sana? Yuk, kita bahas satu-satu...

Dalam kasus-kasus kerontokan rambut, sebagian besar disebabkan oleh faktor internal, yaitu penyakit yang sedang diderita, kekurangan nutrisi, masalah hormon, obat-obatan yang dikonsumsi dan genetik. Adapun kerontokan rambut yang disebabkan oleh manifestasi dari rangsangan eksternal.

Untuk melihat siklus pertumbuhan rambut, bisa klik disini.

Penyebab Rambut Rapuh.
Penggunaan shampoo yang terlalu sering dapat mengangkat minyak alami rambut, sehingga menyebabkan rambut menjadi kering, statis dan rawan gesekan yang dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh. Kandungan deterjen yang keras pada shampoo bahkan dapat menghilangkan protein dari batang rambut. Walaupun begitu, shampoo modern saat ini, sudah diciptakan sesuai kebutuhan konsumen dan membuat rambut menjadi bersih, bersinar, bervolume dan mudah ditata. Bagaimanapun, jika rambut sudah rusak dikarenakan proses kimia, jika sering terkena air akan berdampak negatif pada batang rambut.

Bersisir terlalu sering, terutama pada kondisi rambut basah, sangat merusak rambut. Mitos yang menyuruh kita untuk bersisir 100 kali setiap malam, jelas harus dihindari. Bersisir terlalu sering dapat menyebkan rambut rontok terbawa oleh sisir.

Panas berlebihan yang disebabkan oleh hair dryer dan curling iron juga dapat menyebabkan perubahan struktur rambut. Panas berlebih dapat membuat rambut bercabang hingga terlihat kusam dan menyebabkan rambut patah.

Zat kimia dalam pengeritingan rambut permanen, pelurusan permanen, bleaching dan pewarnaan permanen dapat merusak batang rambut, yang dapat dilihat jelas melalui mikroskop sejak hari pertama, walaupun dengan pengaplikasian produk yang benar.

Begitupun dengan paparan sinar matahari, yang juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering, kasar, kusam, kaku dan rapuh dan dapat merubah warna rambut.



Mitos Seputar Rambut

  • Menggunting rambut dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat dan tebal. Salah. Menggunting rambut dapat membuat rambut terasa tebal, tapi tidak dapat mengubah siklus pertumbuhan dan tekstur rambut.


  • Rambut di kepala tumbuh lebih cepat pada bagian tertentu. Benar. Ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa ada orang-orang yang pertumbuhan rambutnya berbeda-beda pada beberapa bagian kepala. Pada bayi, biasanya rambut tumbuh lebih cepat dibagian crown. Tapi perbedaan pertumbuhan rambut ini tidak berpengaruh pada penampilan rambut secara keseluruhan.


  • Tekstur rambut akan selalu sama. Salah. Walaupun kita terlahir dengan rambut lurus, keriting atau bergelombang, ada banyak hal yang dapat menyebabkan tekstur alami rambut berubah. Seperti kehamilan, pengobatan, kemoterapi, umur dan hal-hal lain yang dapat merubah tekstur alami rambut secara permanen.


  • Merokok dapat menyebabkan rambut memutih. Benar. Menurut J.G.Mosley dari Leigh Infimary di Lancashire, Inggris dalam artikel Science News (11 Januari 1997) menyebutkan perokok, 4 kali lebih rentan mengalami rambut putih daripada bukan perokok. Lebih dari itu, merokok juga diyakini sebagai penyebab rambut rontok.


  • Keramas tiap hari dapat menyebabkan rambut kering. Salah. Penggunaan shampoo yang tepat sesuai jenis rambut justru akan menambah kelembaban rambut. Kuncinya adalah penggunaan shampoo yang sesuai jenis rambut.


  • Mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan kebotakan. Benar. Mengikat rambut terlalu kencang yang dilakukan terus menerus, dapat menyebabkan rambut rontok dan stress yang bisa menjadi permanen. Hindari mengikat rambut terlalu kencang.


  • Berjemur dapat menyebabkan rambut rontok. Benar. Terpapar sinar matahari secara terus menerus, dapat menyebabkan folikel rambut yang terdapat pada akar menjadi rusak. Selalu gunakan sun protection pada kulit kepala dan rambut.


  • Bersisir dapat menyebabkan rambut menjadi cepat rontok. Salah. Selama kita menggunakan sisir yang tepat dan bersisir normal sehari-hari, tidak menyebabkan rambut tambah rontok.

  Penting untuk menjaga kondisi rambut tetap prima, sehingga menjadi penunjang rasa percaya diri. Untuk merawat dan memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala, selain menggunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut, menggunakan produk tambahan juga dapat menjadi bagian penting dalam ritual perawatan rambut sehari-hari. Seperti, hair and scalp serum CG 210 dari Abbott Indonesia.

Review dariku mengenai CG 210, bisa dilihat disini:

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website CG 210 di www.cg210.co.id




*****



Putri Kansil

2 comments:

  1. Hi Putri, aku Eria dari grup sociolla blogger, follow back yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eria, makasih udah follow blogku, sudah aku follow back yaa.. :)

      Delete

Instagram