Making My Own Perfume

Hi! Liburan kemarin aku berkesempatan untuk nyobain bikin parfum sendiri  yang sesuai dengan kepribadian aku sendiri, dan aku namain sendiri! how cool is that!! Hehe....

Jadi ceritanya sebelum liburan ke Bali, aku sempet research untuk kegiatan aku selama disana. Bosen ke tempat yang itu-itu lagi, aku pengen nyari kegiatan yang unik dan beda, lalu dapetlah tempat ini: L'atelier Parfums et Creations. Tempatnya ada di kompleks Ayana Resorts & Spa, Jimbaran. dan katanya tempat ini satu-satunya di Indonesia loh... Belum tau sih bener ato ngga, kalo kamu tau tempat lain yang seperti ini please let me know, i would love to try ;)

L'atelier Parfums et Creations from outside



So, workshop mereka itu ada 3 pilihan:
  • 90 Minutes Workshop - Disini kita bikin parfum sendiri yang sesuai kepribadian kita. Rp 725.000
  • 3 Hours Workshop - Disini kita belajar dasar-dasar teorinya, lalu praktek untuk bikin parfum kita sendiri, dan  di akhir sesi kita dapet sertifikat diploma sebagai bukti pengetahuan dan pengalaman kamu. Rp 1.125.000
  • 1 Hour Children Workshop - Sesuai namanya workshop ini untuk anak-anak hehe.. Mereka diajarin mengenal wangi-wangian dasar kemudian pilih favorite mereka dan dibikin parfum sesuai nama pilihan mereka. Rp 300.000
Karna waktu yang aku punya terbatas, jadi aku hanya nyobain 90 Minutes Workshop mereka aja, padahal pengen banget belajar teorinya juga.

Kegiatan apa aja selama 90 menit itu? Well, pertama aku duduk di sebuah meja yang dihadapanku udah ada berbagai macam essences , yang namanya Perfume Organ. Kenapa namanya perfume organ? Karena bentuknya seperti alat musik organ hehe...

Perfume Organ


Karena banyak sekali essence, ga mungkin lah aku ciumin satu-satu, bisa mabok.. hehe.. Jadi mereka udah siapin kuisioner, kira-kira parfum seperti apa sih yang sesuai kepribadian aku.

Setelah dapet result-nya, baru deh kita bisa ambil beberapa essence yang sesuai dengan hasil kuisioner itu. Essence-essence tersebut dibagi 4 jenis: Top Notes, Middle Notes, Base Notes dan Modifiers. Mungkin kamu udah akrab yah sama 3 istilah pertama, nah yang terakhir ini si modifiers adalah wangian yang bikin parfum kamu unik. Bingung? Bisa tanya lebih lanjut sama mbah google :)

Nah udah dipilih essence-essence tersebut, kemudian kita ciumin satu-satu, mana yang kira-kira kita suka dan akan dimasukin ke parfum kita, mana yang ngga. mulai dari top notes, sampe modifiers.

Udah dipisahin, kemudian kita tulis di Formula Sheet. Nah nulis formula itu ternyata ada rumusnya. Kamu mau bikin parfum untuk apa nih? Untuk siang ato malam? Kalo Malam tentunya lebih berat dari yang untuk siang.

Udah kita tulis, lalu kita tetesin deh ke botol kecil yang udah dinomorin, sesuai formula kita. Setelah itu, diaduk, kemudian kita cium (ciumnya ga boleh kena hidung karena bau yang nempel bisa ganggu penciuman kita untuk formula berikutnya), kalo kira-kira ada yang mau ditambahin atau dikurangin, bisa kita tulis di formula kedua. Kita bisa bikin sampe 4 formula. Kemudian kita pilih, mana yang mau diproses jadi parfum.



Proses pengerjaan parfum nya dilakukan oleh Nora, owner dari L'atelier Parfums et Creations ini. Begitu juga selama proses kita bikin formula, Nora akan nuntun kita, mana wangi apa yang ga bisa banyak-banyak pakenya karena akan jadi sangat menyengat, dan kearah mana wangi formula yang kita bikin. 

Nora Gasparini, The owner. (pic from Nora)


Terakhir, kita bisa namain parfum yang kita bikin, dan kita dapet parfum tersebut di botol berukuran 30ml beserta 4 botol kecil dari 4 formula yang kita bikin. Hanya saja parfum ini ga bisa langsung di pake, kita nunggu 3 bulan dulu, sampe semua wangi-wangian nyampur jadi satu.



Aku namain parfum aku "Saraswati", diambil dari nama tengah aku. And since the perfume is dominated with Jasmine and it made in Bali, aku rasa pas aja namanya Saraswati yang juga adalah salah satu dewi dalam kepercayaan Hindu hehe... Can't wait to wear my perfume...!!



Ralat: Untuk proses pencampuran disarankan pemakaian setelah 3 minggu, bukan 3 bulan.



*****

Putri Kansil

21 comments:

  1. keren ce.. baru tau ada yg beginiann..
    brrti blm bs tau ya ce suka sm wangi parfumnya atau engga? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kecium sih wanginya seperti apa, cuma masih "kasar", belom blend sempurna, dia saranin baiknya dipake nunggu 3 bln, tp klo mo dipake langsung juga gpp.

      seru yahh hihi... pengen bikin lagii...

      Delete
  2. Something new...Kereeeeen.... jadi pengen nyobain

    ReplyDelete
  3. keren :D baru tw di bali ad tmpt bikin parfum ^^ thx infonya ce (y) aq jd pingin ksna xD

    ReplyDelete
  4. woww pengalaman yang nyenengin itu ci,puyeng gak tuh nyium wangi kebanyakan gitu hihi :D :D

    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah mulai puyeng disuruh jalan2 dulu keluar nyari udara segar hahaha....

      Delete
  5. Hebat ih kakak masih ingat setiap step-stepnya. Semoga setelah 3 bulan, wanginya bener-bener kk suka ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan dicatet biar ga lupa hehe..
      parfumnya sebenrnya udah bisa dipake langsung,
      cuma masih kepisah2, gmn ya gambarinnya, jadi kamu bisa tuh nyium apa aja yang kamu masukin kaya ginger, jasmine dll..
      nah nunggu 3 bulan biar semua ke blend sempurna, wanginya nyatu gitu...

      Delete
    2. jdi makin penasaran deh tapi mahal juga ya,, belum lagi tiket ke bali. Hihihi..

      Delete
    3. yah jangan dibela2in ke bali gara2 ini lah haha.. aku juga kesini karna ini masih di dlm kompleks resort yang aku nginep, jd ga perlu keluar hotel.

      Delete
  6. seru ya. mungkin kapan-kapan harus nyempetin ke sana. terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  7. Wow!!! such an amazing experience, thank you so much for the detail review!!! jadi kepingin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... seru banget mel.. apalagi untuk parfume lover seperti dirimu hehe...

      Delete
  8. wow lucky you! anyway rambunya kereennn warnanya ;)

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Hai, Putri!
    Wow, thanks for the review! And you look gorgeous on that outfit :)

    JAFRA jadi penasaran pengen nyoba juga. Apalagi karena molekul aroma dapat memicu sensasi rasa yang unik, misalnya jadi ingat kenangan masa lalu atau justru menambah nafsu makan. Selengkapnya ada di blog JAFRA Beauty http://www.jafraindonesia.blogspot.com/2013/01/sensasi-aromaterapi.html

    Salam kenal dari JAFRA Indonesia!


    XoXo,
    JAFRA Indonesia
    twitter: @JAFRAindonesia
    FB: JAFRA Indonesia
    blog: www.jafraindonesia.blogspot.com








    ReplyDelete
  11. hmmm sounds interesting and legit...would definitely give it a try :D thank you!

    ReplyDelete

Instagram