Conquer From Within

Hari ke-11 dari 365 hari di tahun 2017... Aku rasa belum terlambat ya untuk posting tentang goal tahun baru. Aku lebih suka menulis 'goal' daripada 'resolusi' karena terdengar lebih bersemangat dibanding resolusi yang terdengar seperti solusi baru dari sesuatu yang gagal di tahun lalu.


Goal aku di tahun 2017 ini adalah pengendalian diri... Tahun 2016 kemarin aku menemukan jati diri dan memulai sesuatu yang aku yakini: Memutuskan untuk menjadi vegan, mulai pelan-pelan mengubah produk-produk yang aku gunakan ke produk yang lebih ramah lingkungan dan mengubah blog ini dari beauty blog ke green lifestyle blog.

Tahun baru semangat baru. Aku dan kita semua pastinya berharap segala sesuatunya jadi lebih baik... Sesuai dengan goal 2017 yaitu pengendalian diri/conquer from within/mulai dari diri sendiri, ada beberapa poin yang ingin aku highlight...

Sebagai seorang ibu... Aku mau anak aku hidup dekat dengan alam, menghargai setiap makhluk hidup dan mengkonsumsi makanan sehat (yang terakhir yang paling berat, karena sudah mulai ngerti jajan >.<). Untuk memperkenalkan gaya hidup hijau adalah dengan cara memberikan contoh yang baik... Dimulai dari ibunya.

Sebagai seorang istri... The lady of the house, mau mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di rumah. Mulai memisahkan sampah mana yang bisa didaur ulang dan mana sampah organik yang bisa dijadikan kompos. Mulai diet plastik, mengganti produk-produk rumah tangga dengan yang lebih ramah lingkungan, hemat air, hemat listrik dan semoga tahun ini bisa menjalankan program zero waste home.

Daripada ngomel-ngomel ke pemerintah untuk masalah sampah, banjir, sumber energi yang semakin menipis, limbah, dll... Lebih baik mulai dari diri sendiri, dari rumah masing-masing.

Sebagai seorang pribadi... Mau mengurangi sifat konsumtif yang tanpa sadar sudah sangat besar. Punya banyak pakaian yang hanya sekali pakai, bahkan ada yang dibeli belum pernah dipakai sama sekali hanya karena bajunya dibeli saat sale bukan saat butuh. Sebagai beauty blogger, produk makeup dan skincare banyak sekali berakhir di tempat sampah karena expired padahal baru sekali dua kali colek. Semuanya dibeli hanya karena "OMG lucu banget, gue harus punya...".

Saat ini aku sadar bahwa sifat konsumtif adalah sia-sia... Ngga ada untungnya dan hanya feeding your ego. Lebih baik uangnya ditabung untuk beli rumah misalnya, atau ganti mobil atau investasi, dll... So, tahun ini mau mengendalikan diri dari sifat konsumerisme.

Kalau kamu, apa goal(s) kamu di tahun 2017 ini? Yuk, share dibawah ini...




*****

Putri Kansil

No comments:

Post a Comment

Instagram