3 Ide Bermain dengan Water Beads

Gara-gara ikutan nonton video mainan anak di channel YouTube jadi sering lihat ada bola-bola kecil berwarna-warni yang mengembang dan jadi kenyal setelah direndam air yang sering disebut Hidrogel atau waterbeads atau populer dengan merk Orbeez. Karena mamak penasaran ingin menyenangkan anak, akhirnya aku membelikan mainan ini.

Waterbeads / Hydrogel / Orbeez


Waterbeads ini terbuat dari polimer yang mempunyai daya serap tinggi. Ukuran awalnya lebih kecil dari beras dan setelah direndam air kurang lebih 5 jam dapat mengembang menjadi kurang lebih seukuran kelereng. Bermain dengan waterbeads bisa melatih saraf sensorik anak.

Waterbeads direndam dalam air


Waterbeads


Waterbeads setelah mengembang



3 alternatif bermain waterbeads:

  • Bermain sortir warna
Bermain sortir warna

  • Membuat stress ball
Stress Ball

  • Ice Orbeez
Ice Orbeez


Bermain waterbeads harus dalam pengawasan penuh dari orang tua, apalagi untuk balita, karena bisa beresiko tertelan atau tersedak. Walaupun mainan ini tidak beracun, tapi disarankan mengunjungi dokter apabila tertelan.

Waterbeads dapat disimpan dalam wadah tertutup, tapi pastikan airnya sudah benar-benar tiris agar tidak berbau. Apabila mulai mengecil dapat direndam air agar kembali mengembang.

Bila sudah tidak dimainkan tidak disarankan untuk membuangnya kedalam pembuangan air, karena waterbeads tidak larut dalam air dan dapat menyebabkan saluran mampet. Bila anak sudah bosan bermain dengan waterbeads, kita bisa manfaatkan untuk media tanam hydroponic tanaman hias indoor atau bisa dicampur dengan tanah dalam pot tumbuhan untuk menjaga kelembaban tanah sehingga tidak perlu sering-sering disiram. waterbeads akan terurai secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2 dan komponen Nitrogen sehingga aman dan tidak mencemari lingkungan.

Hydrogel sebagai media tanam hydroponic


Mommies punya ide-ide lain bermain dengan waterbeads? Please, share di kolom komen dibawah ini. I would love to try it.





*****

Putri Kansil

4 comments:

  1. Waaa... Aku lg nyari si hidrogel ini.. Kayaknya asik buat nanem sayur, sayangnya ngga nemu2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. changelz, di warung sekitaran rumah aku banyak :))

      Delete
  2. Saya sarankan untuk tidak menggunakan benda ini untuk mainan balita karena takut tertelan, dan ini sangat bahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elis, terima kasih atas sarannya.

      Saya memberikan mainan ini saat anak saya sudah berumur 2 tahun lebih dan sudah bisa diberi pengertian bahwa ini bukan untuk dimakan dan anak saya mengerti. begitu juga saat bermain selalu dalam pengawasan saya tidak dibiarkan main sendirian. saat ini anak saya sudah bosan dengan mainan ini, syukurnya tidak pernah terjadi hal2 yg tidak diinginkan.

      Seperti dalam tulisan saya diatas, untuk balita sebaiknya dalam pengawasan penuh tapi jika tidak yakin sebaiknya tidak usah diberikan. waterbeads ini tidak beracun apabila tertelan, yang jadi bahaya apabila tersedak.

      Delete

Instagram